--> Skip to main content

follow us

Cerita Rakyat Jambi : Legenda Asal Mula Negeri Lempur

Legenda Negeri Lempur - Asal Mula Negeri Lempur - Cerita Rakyat Jambi ini menceritrakan Asal Mula atau Asal Usul Negeri Lempur. Dan Asal usul Negeri Lempur ini merupakan salah satu Legenda yang berada di Provinsi Jambi. Seperti yang dewasa ini kita ketahui bahwa Indonesia ini memiliki banyak sekali Cerita Rakyat yang tersimpan di setiap daerah du Nusantara ini. Seperti Legenda Asal Mula Danau Toba misalnya. Legenda tersebut berasal dari Sumatera Utara.

Legenda Asal Negeri Lempur ini di angkat dari Kumpulan Cerita Rakyat 33 Provinsi. Adapun di publikasikannya kembali di blog ini dengan maksud dan tujuan untuk ikut serta mengenalkan kepada generasi masa kini tentang adanya legenda yang atau asal usul negeri lempur secara lebih luas, tidak hanya di Indonesia semua penghuni dunia di negara manapun bisa mengaksesnya. Baik silahkan simak saja Cerita Rakyat Jambi : Legenda Asal Mula Negeri Lempur selengkapnya di bawah ini.

Legenda Asal Mula Negeri Lempur

Dahulu kala, di hutan belantara, berdiri sebuah kerajaan Pamuncak tiga kaum. Seperti namanaya, Kerajaan itu di perintah oleh tiga orang bersaudara. Adapun ke tiga orang bersaudara tersebut yaitu : Rencong Talang, Pamuncak Tanjung Seri, dan Pamuncak Koto Tapus.

Ketiga bersaudara itu hidup dengan rukun dan damai, adapun jika salah satu di antara mereka ada yang kewalahan atau ada dalam kesulitan maka yang lainnya turun tangan untuk membantunya. Dan sebaliknya, jika mendapat sebuah yang membuat senang mereka tidak lupa untuk saling berbagi.

Suatu ketika, hasil panen rakyat di wilayah kekuasaan Pemuncak Rencong Talang sungguh melimpah. Dengan melimpahnya hasil panen kali ini, Pemuncak Rencong Talang bermaksud mengadakan pesta panen dengan mengundang beberapa kerabat dan keluarga-keluarganya yang lain. Karena tidak bisa hadir, Maka Pemuncak Tanjung Seri pun mengutus Isteri dan kedua anaknya untuk menghadiri pesta panen tersebut.

Dan berangkatlah Isteri dan kedua anak dari Pemuncak Tanjung Seri ke pesta panen yang diadakan di negeri Pemuncak Rencong Talang. Setelah beberapa hari melakukan perjalanan tibalah di tempat dimana pesta itu berlangsung. Hari kenduri dan pesta panen pun tiba. Seperti yang telah di rundingkan bahwa pesta tersebut akan di adakan selama tiga hari tiga malam. Semua Rakyat pun sangat bergembira dan sangat menikmati pesta tersebut.

Tepat pada malam ketiga pesta panen itu, hadirlah anak dara dari Pamuncak Tanjung Seri. Karena kecantikannya Anak dara dari Tanjung Seri tersebut pun menjadi incaran para pemuda. Berlangsungnya pesta tersebut pun sangat meriah, sampai tak terasa semua yang mengikuti pesta tersebut larut dalam kegembiraan hingga tak terasa ayam jantan pun telah berkokok berkali-kali, yang menandakan pagi hari akan segera tiba, akhirnya si ibu gadis itupun mengajak anaknya pulang.

"Pulang yu nak, sudah pagi, sebentar lagi siang", kata ibunya.

Tapi, saking masih asyiknya di pesta itu gadis itu pun tidak menghiraukan panggilan dari ibunya. Sampai ada seorang pemuda di dekatnya yang bertanya pada gadis itu,

"Siapa perempuan tua yang memanggilmu itu?" tanya pemuda itu.



Mendengar pertanyaan pemuda itu ia pun segera menjawab, "Oo..., perempuan itu adalah pembantu saya." tegas gadis itu tidak mengakui itu adalah ibunya.

Sakit hati sang ibu mendengar hal itu. Ia tak menyangka anak gadisnya akan berbicara seperti itu, sampai Ia tega tidak mengakui bahwa ia adalah ibunya yang ada malah menganggap ia sebagai pembantunya. Tapi sang ibu hanya memendam rasa sakit hatinya itu.

Keesokan harinya, kedua anak dari Pamuncak Tanjung Seri dan isterinya pulang kembali ke negerinya. Di kisahkan ketika rombongan itu tiba di daerah antara Pulau Sangkar dan Lolo yang berawa dan berlumpur itu. Terlihat gadis yang merupakan seorang gadis raja itu tidak mau berdekatan dengan ibunya, dan hal itu juga yang akhirnya menambah rasa sakit hati ibunya.

Kemudian, ibunya (Isteri Pamuncak Tanjung Seri) itu pun berdo'a kepada Tuhan agar anak gadisnya yang durhaka itu di makan oleh rawa lumpur. Dan ternyata Tuhan mengabulkan do'anya. Si dara gadis cantik nan rupawan itu kakinya terjerat oleh rawa yang berlumpur itu, sehingga ia terbenam makin dalam. Ia pun menangis, berteriak minta tolong kepada ibu dan pengawalnya. Tapi, baik pengawal maupun ibunya tidak menghiraukannya, seraya berkata;



"Aku bukan ibumu, Aku hanyalah pembantumu." kata si ibu.

Sementara, si gadis cantik itu meraung sambil berkata, "Tolooong..., tooloooong ibu, maafkanlah Aku, Aku tidak akan lagi berbuat seperti itu, Aku tidak akan lagi durhaka kepadamu."

Namun ibunya sama sekali tidak menghiraukan gadis itu. Malah ia mengambil gelang dan Selendang Jambi yang di pakai anaknya. Setelah di ambil barang tersebut, maka gadis itu tenggelam semakin dalam hingga hanyut, hilang tak terlihat batang hidungnya lagi.

Terhitung setelah kejadian itu, tempat si gadis itu hanyut dalam lumpur itu, tempat itu kemudian dinamakan negeri lempur oleh penduduknya, dan nama lempur tersebut berasal dari kata Lumpur.

Sementara itu, gelang yang tadi di ambil dari gadis itu di buang di sebuah tebat, sehingga tebat tersebut dinamakan Tebat Gelang. Kemudian, kain panjang atau Selendang Jambi yang tadi pun di buang pula ke dalam tebat lainnya, sehingga tebat itu di beri nama Tebat Jambi.

Sumber : Kumpulan Cerita Rakyat 33 Provinsi.

Demikianlah Cerita Rakyat Jambi : Legenda Asal Mula Negeri Lempur ini di ceritakan. Banyak sekali hikmah yang dapat kita ambil dari kisah ini. Salah satunya adalah jangan sampai membuat hati orang tua terutama seorang ibu sakit atas perlakuan dan ucapan kita. Karena membuat sakit hati orang tua adalah dosa dan durhaka. Dan Tuhan maha mengetahui atas apapun yang di perbuat semua umat di muka bumi ini. Perlakukanlah kedua orang tua dengan sebaik-baiknya. Baca juga : Cerita Si Malin Kundang

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar